Minggu, 10 Maret 2019

TawonNdas Amplifier

Bagi orang jawa tawon ndas adalah sejenis tawon yang ketika menyengat rasanya seperti dilempar batu. Nama tawon ndas saya gunakan untuk desain ini bukan hanya semata nama saja, tetapi merupakan makna dari suara yang dihasilkan. Desain ini saya menggunakan Opamp sebagai differential amplifiernya karena desain yang sudah-sudah selalu menggunakan transistor. Keuntungannya DCO dapat diminimalisir, bias dapat dibuat lebih seimbang. Kejernihan suara yang lumayan, sensasi HIFI yang cukup memukau. Penambahan transistor buffer/totem menjamin tidak kekurangan arus saat diberi beban lebih. Arus bias final standby mendekati nol (mirip class B), sehingga efisiensi daya lebih terjaga, meski tidak sepenuhnya efisien. Cacat crossover masih bisa terjadi, sehingga dibutuhkan konfigurasi push pull dengan arus bias cukup pada tingkat berikutnya sehingga cacat crossover bisa diminim atau dengan pendekatan class AB. Bisa juga dibuat seperti class A, tetapi rugi panas lebih banyak, tetapi sensasi HIFI lebih mantab. Pengaturannya terletak pada resistor biasnya. Silakan utak atik sendiri. Selebihnya masih sama seperti desain amplifier pada umumnya.
Berikut adalah desainnya.
Both side

Bottom side

Top side

Scheme

Desain saya menggunakan dual opamp tetapi yang digunakan hanya satu, sengaja karena suatu saat nanti bisa dikembangkan menjadi desain lainnya. Gunakan opamp yang berkualitas bagus untuk suara yang memukau. Pada desain jika tidak menemukan bisa alternative TL072, 4558, TL082 dengan kualitas suara yang berbeda-beda.
Setiap desain pasti ada kelemahan, begitu juga desain ini ada satu kelemahan, ini tidak saya beberkan agar nanti bisa ditemukan oleh master-master audio yang mencoba desain ini. Tujuannya agar bagi yang mau belajar, bukan untuk jual beli bisa bereksperimen sehingga menemukan hal-hal luar biasa dari proses pembelajaran tersebut. 
Desain ini tidak saya produksi masal, meskipun demikian sudah saya terapkan pada beberapa amplifier home audio. Namun jika menginginkan kit kit audio desain saya yang siap pakai, bisa Anda kontak person di 087738828882/085643387806.
Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya bagi Anda yang sudah menggunakan kit-kit desain WM Audio baik yang gratisan maupun tidak, terlebih lagi yang dengan ikhlas menjunjung nama kit WM Audio tanpa merubah identitas, saya beri hormat dan salut. trims.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar